5 Cara Jitu Mengatasi Laptop Lemot


Siapa saja akan merasa kesal saat laptop tiba-tiba lemot. Akibatnya, pekerjaan menjadi terbengkalai, dan Anda harus menunggu beberapa saat sampai laptop tersebut bisa normal kembali. Sebenarnya, masalah seperti ini bisa diatasi, asalkan Anda tahu cara mengatasi laptop lemot yang tepat. Bagaimana? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Uninstall Aplikasi yang Tidak Terpakai

Salah satu penyebab laptop sering lemot adalah banyaknya aplikasi yang terpasang. Untuk itu, sortir kembali, kira-kira mana saja aplikasi yang sudah tidak terpakai. Segera uninstall agar harddisk laptop Anda tidak terlalu penuh. Caranya, yaitu dengan klik Control Panel > Programs > Programs and Features.

2. Memperbarui Aplikasi dan Sistem Operasi

Selain uninstall aplikasi yang tidak terpakai, Anda juga bisa memperbarui aplikasi dan sistem operasi. Sistem yang tidak diperbarui biasanya akan membuat laptop Anda lemot. Oleh karena itu, pastikan sistem pada laptop Anda selalu up-to-date agar performanya lebih kencang.

3. Membersihkan Disk

Cara mengatasi laptop lemot lainnya adalah dengan membersihkan disk. Anda harus menggunakan fitur disk cleanup yang menjadi utility untuk menghapus file-file yang tidak diinginkan. Misalnya, halaman web offline, file sementara, dan file installer. Caranya mudah, cukup klik menu Start, lalu pilih Disk Cleanup.

4. Batasi Aplikasi Saat Startup

Laptop seringkali mengalami lag atau lemot dikarenakan ada beberapa aplikasi yang sedang berjalan terpisah saat laptop dihidupkan. Agar Anda bisa membatasi aplikasi apa saja yang bisa berjalan saat laptop dihidupkan, caranya adalah dengan menggunakan Task Manager dan tab Startup. Dalam fitur tersebut, Anda bisa melihat apa saja aplikasi yang berjalan saat startup sekaligus melihat dampaknya pada laptop.

5. Upgrade RAM

Semakin besar memori yang ditanam pada laptop, maka semakin kencang juga performa laptop Anda untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan atau sekedar untuk bermain game. Oleh karena itu, jika laptop Anda sudah terasa sangat lemot, gantilah RAM laptop tersebut dengan ukuran yang lebih besar dan sesuai dengan kebutuhan.

Itulah lima cara mengatasi laptop lemot yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Selamat mencoba!


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini

Label